Sejarah Program Studi

Lab Kimia FKIP

Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unsyiah mulai berdiri pada  Tahun 1984 yang berada di bawah naungan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Pembukaan program studi pendidikan kimia didasarkan pada SK Dirjen Dikti nomor 59/DJKTI/Kop/1984 Tanggal 31 juli 1984. Pada mula berdirinya program Studi pendidikan kimia yang berada dalam satu rumpun jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (PMIPA) bersama-sama dengan pendidikan matematika, fisika, dan biologi. Seiring dengan adanya perubahan organisasi di FKIP Unsyiah, Pada tahun 2007 Jurusan PMIPA dilebur atau tiadakan sehingga Program Studi Pendidikan Kimia langsung di bawah FKIP Unsyiah.

Program studi pendidikan kimia menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan dalam bidang pendidikan kimia yang akan menjadi guru pada tingkat pendidikan sekolah menengah dengan kualifikasi sarjana pendidikan (S1). Lulusan program studi pendidikan kimia FKIP Unsyiah memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional serta mampu membangun pembelajaran berbasis ICT, mampu berwirausaha dalam bidang pendidikan maupun bidang non kependidikan, serta mampu menghasilkan karya ilmiah di bidang sains dan pendidikan Kimia.

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan program studi pendidikan Kimia, sekarang telah berkembang pesat dengan memfokuskan pada pendidikan berbasis ICT, sehingga lulusannya banyak bermanfaat dan diserap dalam dunia kerja baik pada bidang kependidikan maupun non kependidikan.

800 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini